Di zaman sekarang pembaruan perangkat terus terjadi mengikuti alur perkembangan. Jika dulu untuk belajar menjadi editor harus memiliki perangkat yang mumpuni seperti PC antau Laptop sekarang tidak lagi kita sudah bisa belajar hanya bermodalkan smartphone, meskipun mungkin tidak selengkap dengan fitur aplikasi yang ada di PC seperti Adobe Premiere Pro untuk kelas pemula bisa menjadi sebuah alternatif sebelum beralih ke lebih yang profesional.

Jika kamu bingung aplikasi editor apa yang cocok buat kamu, dibawah ini saya telah merecomendasikan Aplikasi editor for android yang populer dikalangan pemula.

1. KineMaster Pro Video Editor


KineMaster Pro Video Editor merupakan aplikasi video editing yang sangat mudah dipakai dan aplikasi ini sangat banyak digunakan di kelas pemula.

Tampilan KineMaster berbentuk landscape untuk beradaptasi tidak membutuhkan waktu yang lama. Landscape memudahkan kamu untuk mengatur, mengakses fitur dan melihat hasil secara real time.

Untuk fitur dari KineMaste cukup banyak seperti Multiple Layer, audio custom, bebagai maca effek, chrome kay dan masih banyak lagi. Di KineMaster juga dilengkapi dengan fitur green screen yang memudahkan kamu untuk menganti latar belakang video agar lebih menarik. link

2. VN Video Editor Maker VlogNow


Aplikasi ini terbilang baru tapi cukup Powerfull cocok buat kelas pemula dan profesional dan juga mempunyai user interface yang profesional

Salah satu fitur unggulannya adalah kemampuan untuk memberikan filter atau FX yang bisa kita atur atur sendiri, dan yang pastinya aplikasi ini coco buat kamu yang gak suka dengan Watermark atau tanda air yang banyak di ditemukan di aplikasi edit video yang gratis. link

3. InShot Video & Photo Editor


InShot Video & Photo Editor adalah aplikasi Video dan photo editor yang cukup populer tidak kalah saing dengan edit video lainnya, memilik ranting yang cukup untuk membandingkannya dengan yang lain. Dari segi tampilan InShot Video & Photo Editor sama seperti yang lain yaitu potrait.

InShot Video & Photo Editor bisa menggabungkan beberapa video jadi satu, mengubah sound dan menambahkan musik yang tersedia atau mengabilnya dari penyimpanan. 

Untuk Fitur yang disediakanpun cukuo lengkap, mengatur kecepatan video, menambahkan filter dan efek, memotong video, mengubah ukuran video dan menyimpal/render video kehasil yang full HD. link

Itulah 3 aplikasi edit video recomendasi dari saya untuk para editor mobile kelas pemula maupun profesional dan aplikasi tersebut dapat kamu gunakan untuk keperluan yang lebih atau hanya sekedar hiburan semata.